Perangkat Pembelajaran Bhs. Indonesia Kls VI

21.35 Posted In Edit This 0 Comments »
A. PEMAHAMAN ISTILAH – ISTILAH

1. SKBM → Target minimal dari mata pelajaran tertentu yang harus dikuasai siswa dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

2. KKM → Target pencapaian hasil pembelajaran yang ingin dicapai pada tiap SK, KD, Indikator dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung dan intake.

3. Kompleksitas (Kesulitan dan Kerumitan)
· Kesulitan dan kerumitan setiap indicator pencapaian
· Kesulitan dan kerumitan kompetensi yang harus dicapai siswa
· Tingkat kompleksitas tinggi, bila dalam pelaksanaannya
Menuntut : - SDM memahami kompetensi yang harus dicapai siswa
- SDM kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
- Waktu cukup lama karena perlu pengulangan

4. Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya)

5. Intake (Tingkat kemampuan rata-rata siswa)
Intake merupakan :
· Hasil seleksi penerimaan siswa baru.
· Rapor kelas terakhir daru tahun sebelumnya.
· Test seleksi masuk atau psycotes
· Nilai ujian nasional bagi jenjang sekolah lanjutan


B. RAMBU – RAMBU

- KKM ditetapkan pada awal tahun
- KKM ditetapkan oleh forum guru mata pelajaran atau KKG
- KKM dinyatakan dalam bentuk prosentase antara 0 – 100%
- Kriteria ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya berkisar 75%
- Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kriteria ideal
- Dalam menentukan KKM harus mempertimbangkan intake siswa, kompleksitas dan daya dukung
- KKM dapat dicantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipilih oleh sekolah.

C. MENAFSIRKAN KKM

Ø Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan:
1. Kompleksitas : - Tinggi = 1
- Sedang = 2
- Rendah = 3

2. Daya dukung : - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1

3. Intake : - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1

Contoh : Kompleksitas rendah (3), daya dukung tinggi (3), intake siswa sedang (2).
KKM = 3+3+2 x 100 = 88, 89% dibulatkan menjadi 89%
9
Ø Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria
1. Kompleksitas : - Tinggi = 50 – 64
- Sedang = 65 – 80
- Rendah = 81 – 100

2. Daya dukung : - Tinggi = 81 – 100
- Sedang = 65 – 80
- Rendah = 50 – 64

3. Intake : - Tinggi = 81 – 100
- Sedang = 65 – 80
- Rendah = 50 – 64

Contoh : Kompleksitas rendah (85), daya dukung tinggi (81), intake sedang (70).
KKM = 85+81+70 = 78,66% dibulatkan menjadi 79%
3

Ø Dengan memberikan pertimbangan profesional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai.
Contoh : Indikator A → Kompleksitas rendah, daya dukung tinggi, intake sedang, maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100% yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.

D. PEMAHAMAN TENTANG BELAJAR TUNTAS / KETUNTASAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN REMEDIAL

1. Ketuntasan belajar atau belajar tuntas ialah pembelajaran dengan sasarannya siswa telah menguasai ketentuan peringkat pencapaian dari seperangkat kompetensi pada mata pelajaran tertentu dalam waktu yang telah ditetapkan.

2. Aturan ketuntasan dimaksud adalah aturan ketuntasan yang berpedoman pada hasil Penilaian Acuan Patokan (PAP) atau Penilaian Acuan Kriteria (PAK) / Criterion Refereneed Evaluation.

PAK / PAP ialah suatu penilaian yang memperbandingkan prestasi belajar siswa dengan suatu patokan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penilaiannya adalah Naik / Tidak naik, lulus / tidak lulus. Lulus berarti telah memiliki Kompetensi Dasar yang diinginkan, tidak lulus berarti belum memiliki kompetensi dasar yang diinginkan. Konsekwensinya adanya program remedial.

3. Pembelajaran remedial adalah pembelajaran sebagai tindakan perbaikan terhadap pencapaian siswa yang terlambat atau pembelajaran yang bertujuan meditasi (mengobati) kesulitan siswa dalam memahami suatu konsep.

John B. carrol seorang fakar psycolog berpendapat “masalah belajar adalah masalah waktu”. Maksudnya semua siswa pada dasarnyadapat memahami belajar tuntas dari seperangkat standar kompetensi yang telah diterapkan, namun siswa yang mempunyai kemampuan rendah memerlukan waktu lebih lama dari siswa yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam pencapaian ketuntasan.

4. Kelompok siswa yang tergolong ke dalam pembelajaran remedial, biasanya siswa yang mengalami kesulitan dlam hal-hal sebagai berikut:
a. Kemampuan mengingat relative kurang
b. Perhatian yang sangat kurang dan mudah terganggu dengan suatu yang lain di sekitarnya pada saat belajar.
c. Kurang dalam hal memotivasi diri dalam hal belajar.
d. Lemah dalam kemampuan memecahkan masalah
e. Sering gagal dalam menyimak suatu gagasan dari informasi
f. Memerlukan waktu relative lebih lama dari pada yang lainnya untuk menyelesaikan tugas-tugas.

5. Model pembelajaran remedial yang dapat dikembangkan

a. Model pembelajaran di luar jam pelajaran sekolah (out side school hours)
b. Model pembelajaran remedial pemisahan (whit drawal), maksudnya memisahkan siswa dari kelas biasa ke dalam kelas remedial dalam mata pelajaran / topic tertentu yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang materi subjek yang dibahas.
c. Model pembelajaran remedial tim (Co. teaching), adalah model pembelajaran yang pelaksanaannya memerlukan tim pengajar yang terdiri dari dua atau lebih yang bersama-sama menyiapkan keragaman kebutuhan siswa pada kelas yang sama, serta menyiapkan bahan-bahan pembelajaran yang mengatur pada peningkatan keefektipan pembelajaran.


E. CONTOH – CONTOH FORMAT DALAM MENGANALISIS
PENCAPAIAN BELAJAR SISWA

Format 1 : menganalisa pencapaian standar kompetensi


No Nama Siswa STANDAR KOMPETENSI %
Pencapaian %
KKM
NO SOAL YANG DIUJIKAN
1 2 3 4 5 6 7 8 9 Dst.
1
2
3
4
dst





Keterangan : √ = soal yang betul x = soal yang salah

Jumlah soal yang betul
% pencapaian = x 100 %
Jumlah seluruh soal

Format 2 : Jumlah siswa yang belum mencapai standar kompetensi : ‘………….’


No Nama Siswa Fokus Kesulitan Model Remed yang dikembangkan
KD I KD 2 KD 3 dst.








Keterangan : beri tanda centang (√) pada KD yang dianggap sulit.

Format 3 : menentukan spesifikasi bahan evaluasi

PENYEBARAN SOAL

KD PG ISIAN ESSAY
1 2 3 dst. 10 11 12 dst. 21 22 23 24 25
1.1
1.2




REKAFITULASI KKM BAHASA INDONESIA
KELAS VI

Semester 1


1.1
1.2
2.1
2.2
3.1
3.2
4.1
4.2
4.3
4.4 = Jml
10

Jumlah
Rata




SKBM
B. INDONESIA Kls VI =_____+_____ = …… %
2





































Semester 2


5.1
5.2
6.1
6.2
6.3
7.1
7.2
8.1
8.2 = Jml
9

Jumlah
Rata






































KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE NILAI KKM
Tenaga Pendidik Sarana dan Prasarana
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
- Menuliskan pokok-pokok isi berita ke dalam beberapa kalimat. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Menanggapi isi berita yang didengar Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Menyimpulkan isi berita yang didengar. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
- Menyimpulkan isi tampilan drama Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mencatat/menulis isi drama pendek yang ditampilkan Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Melaporkan catatan tentang isi drama yang ditampilkan Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *






KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE NILAI KKM
Tenaga Pendidik Sarana dan Prasarana
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
- Menyebutkan momen atau peristiwa yang melatarbelakangi pidato Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Membuat kerangka pidato. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat.. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Menyusun naskah pidato Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Membacakan pidato dengan lafal dan intonasi, yang tepat Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *










6.2. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
- Membahas isi buku Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mencatat pokok-pokok dari isi buku Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Melaporkan isi buku dengan bahasa yang runtut dan komunikatif Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
- Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimik, dan penghayatan yang wajar Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa/ cerita sederhana. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *



- Menjelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam puisi. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *





KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama




KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE NILAI KKM
Tenaga Pendidik Sarana dan Prasarana
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
- Memberi judul teks dengan kata-kata sendiri. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mencatat ide pokok pada tiap paragraf. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Menuliskan rincian isi paragraf. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mengidentifikasi kata-kata yang memiliki sinonim dan menuliskan sinonimnya. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Mengidentifikasi kata-kata yang memiliki antonim dan menuliskan antonimnya. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
- Mengidentifikasi unsur – unsur dari teks drama. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Menjelaskan unsur tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Menghafalkan teks drama Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *




- Bermain peran berdasarkan teks drama dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE NILAI KKM
Tenaga Pendidik Sarana dan Prasarana
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
- Membuat kerangka pidato. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

- Menyusun naskah pidato. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Membacakan teks pidato dengan lafal, intonasi, dinamika suara, dan ekspresi yang tepat Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *

STANDAR KOMPETENSI : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE NILAI KKM
Tenaga Pendidik Sarana dan Prasarana
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhati-kan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
- Membedakan ciri – ciri surat resmi dan surat pribadi. Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *



- Membedakan bahasa surat resmi dan surat pribadi Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *


- Menulis surat resmi sesuai dengan konteks (apa keperluannya, siapa pembacanya) Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah * Tinggi / Sedang / Rendah *





























SILABUS

A. PENGERTIAN

Silabus adalah seperangkat rencana pembelajaran beserta rencana penilaiannya sebagai acuan pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti dalam penyusunan RPP dan pengembangan penilaiannya.

B. KOMPONEN-KOMPONEN SILABUS

1. Identitas mata pelajaran yang meliputi mata pelajaran, jenjang sekolah, kelas dan semester.
2. Standar Kompetensi
- Standar : Batasan minimal sebagai tolak ukur.
- Kompetensi : Pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang direfleksikan atau diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

Standar Kompetensi adalah kemampuan minimal yang harus dilakukan / ditampilkan siswa, yang meliputi aspek cognirif, afektif, dan psycomotorik atau tingkat penguasaan yang diharapkan tercapai dalam mempelajari suatu mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar adalah kemampuan dasar yang hendak dicapai dan merupakan penjabaran dari standar kompetensi.
4. Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar, yang dapat diperoleh dari berbagai sumber belajar.
5. Indikator adalah kemampuan sebagai tolak ukur belajar siswa telah dapat menguasai kompetensi yang diharapkan.
6. Kegiatan pembelajaran adalah proses pengalaman belajar siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar, baik yang dilakukan di kelas atau di luar kelas.
7. Alokasi waktu adalah perkiraan waktu untuk mencapai kompetensi dengan memperhitungkan banyaknya cakupan, kesulitan, frekwensi penggunaan dan pentingnya materi tersebut.
8. Sumber belajar adalah bahan ajar dari materi tertentu baik berupa benda atau non benda.
9. Penilaian adalah tagihan sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar siswa / sipelajar.





C. PERBEDAAN SILABUS DENGAN RPP

Perbedaan Silabus dengan RPP yaitu :
· Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan oleh siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan, sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.
· RPP memuat penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Di dalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

D. PRINSIP – PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS

1. Ilmiah : seluruh materi dan kegiatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2. Relevan/Kesesuaian : cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus disesuaikan dengan tingkat perkembangan.
3. Sistematis / sesuai dengan fungsinya : komponen-komponen silabus merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
4. Konsisten / ajeg, taat asas : adanya hubungan antara komponen-komponen.
5. Memadai / kecukupan : cakupan komponen-komponen cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6. Aktual dan kontekstual : cakupan komponen-komponen silabus harus sesuai dengan sikon atu sesuai dengan kontek.
7. Fleksibel : keseluruhan komponen dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidikm serta dinamika yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
8. Menyeluruh : komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, psykomotor)

E. LANGKAH – LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS

1. Mengkaji SK dan KD
2. Mengidentifikasi materi pokok
3. Mengembangkan pengalaman belajar
4. Merumuskan indikator keberhasilan
5. Penentuan jenis penilaian
6. Menentukan alokasi waktu
7. Menentukan sumber belajar.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI (enam) . 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek

MENDENGARKAN

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengarkan dari televisi atau radio Mendengarkan berita · Mendengarkan berita dari televisi atau radio
· Siswa menuliskan pokok-pokok isi berita ke dalam beberapa kalimat
· Siswa menanggapi isi berita yang didengar
· Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita
· Menuliskan pokok-pokok isi berita ke dalam beberapa kalimat
· Mendengarkan isi berita yang didengar
· Menyimpulkan isi berita yang didengar
· Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita Teknik
Tes :
Tertulis
Non tes :
Pengamatan tugas
Bentuk
- isian
- penugasan
Instrumen
· Lembar soal
· Lembar penialain tugas
· Pengamatan
9 Jp x 35 menit · Teks berita
· Berita televisi/ radio
5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan · Mendengarkan teks drama yang dibacakan/ditampilkan
· Berdiskusi tentang unsur dan isi drama
· Menyimpulkan
· Menyimpulkan isi drama
· Mencatat / menulis isi drama pendek yang ditampilkan
· Melaporkan catatan tentang isi drama yang ditampilkan Teknik
Tes :
Tertulis
Non tes :
Pengamatan tugas
Bentuk
- isian
- penugasan

6 Jp x 35
Menit · Naskah drama




Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
BERBICARA

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahuna, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat Pidato/Sambutan · Siswa membaca contoh teks pidato
· Siswa menyebutkan momen atau peristiwa yang melatar-belakangi pidato
· Siswa mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat
· Siswa menyusun naskah pidato
· Siswa membacakan pidato dengan lafal, intonasi, dinamika suara dan ekspresi yang tepat
· Menyebutkan momen atau peristiwa yang melatarbelakangi pidato
· Membuat kerangka pidato
· Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat
· Menyusun naskah pidato
· Membacakan pidato dengan lafal dan intonasi yang tepat

Teknik
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- Produk
- Kinerja
Instrumen
· Lembar penialain produk
· Lembar penilaian kinerja
9 Jp x 35 menit · Teks Cerita
· Contoh teks pidato
· Buku paket
· Buku penunjang
6.2 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut Membahas isi buku · Siswa berkunjung ke perpustakaan
· Siswa memilih salah satu judul buku
· Siswa membaca buku
· Siswa membahas isi buku
· Siswa mencatat pokok-pokok dari isi buku
· Siswa melaporkan isi buku dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
· Membahas isi buku
· Mencatat pokok-pokok dari isi buku
· Melaporkan isi buku dengan bahasa yang runtut dan komunikatif Teknik
Tes :
Tertulis
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
Kinerja
Instrumen
Lembar penilaian kinerja

6 Jp x 35
Menit · Buku-buku yang relevan




Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat Puisi karya siswa · Siswa mendengarkan contoh pembacaan puisi yang benar
· Siswa membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimik, dan penghayatan yang wajar
· Siswa mengubah puisi ke dalam bentuk prosa/cerita sederhana · Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimik, dan penghayatan yang wajar
· Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa/ cerita sederhana
· Menjelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam puisi
Teknik
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- Kinerja
Instrumen
· Lembar penilaian kinerja
6 Jp x 35 menit · Buku-buku yang relevan, majalah, koran, internet



Standar Kompetensi : 7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
MEMBACA

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
Membaca intensif
· Membaca suatu teks tanpa judul
· Siswa memberi judul teks dengan kata-kata sendiri
· Siswa mencatat ide pokok pada setiap paragraf
· Siswa menuliskan rincian isi paragraf
· Siswa mengidentifikasi kata-kata yang memiliki sinonim dan menuliskan sinonimnya
· Siswa mengidentifikasi kata-kata yang memiliki antonim dan menuliskan antonimnya

· Memberi judul teks dengan kata-kata sendiri
· Mencatat ide pokok pada tiap paragraf
· Menuliskan rincian isi paragraf
· Mengidentifikasi kata-kata yang memiliki sinonim dan menuliskan sinonimnya
· Mengidentifikasi kata-kata yang memiliki antonim dan menuliskan antonimnya
Teknik
Tes :
tertulis
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- PG, isian, essay
Instrumen
· Lembar Soal
6 Jp x 35 menit
· Teks cerita tanpa judul
· Buku-buku yang relevan


Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
Drama anak
· Membaca contoh teks drama
· Siswa menjelaskan unsur tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama
· Siswa menghafalkan teks drama
· Siswa bermai peran berdasarkan teks drama dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh
· Mengidentifikasi unsur-unsur dari teks drama
· Menjelaskan unsur tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama
· Menghafalkan teks drama
· Bermain peran berdasarkan teks drama dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh
Teknik
Tes :
tulisan
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- PG, isian, kinerja
Instrumen
· Lembar Soal
· Lembar penilaian kinerja
8 Jp x 35 menit
· Standar Isi 2006
· Teks drama dari berbagai buku yang relevan, majalah


Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
MENULIS

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan bena, serta memperhatikan penggunaan ejaan
Menyusun naskah pidato
· Siswa membaca contoh teks pidato
· Siswa membuat kerangka pidato
· Siswa mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat
· Siswa menyusun naskah pidato dengan benar
· Siswa membacakan teks pidato degan lafal, intonasi, dinamika suara, dan ekspresi yang tepat
· Membuat kerangka pidato
· Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat
· Menyusun naskah pidato
· Membacakan teks pidato dengan lafal, intonasi, dinamika suara, dan ekspresi yang tepat.
Teknik
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- perbuatan
- kinerja
- produk
Instrumen
· Lembar penilaian kinerja
· Lembar penilaian produk
8 Jp x 35 menit
· Contoh teks pidato, buku-buku yang relevan

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
Menulis surat resmi
· Siswa membandingkan contoh surat resmi dan surat pribadi
· Siswa membedakan ciri-ciri surat resmi dan surat pribadi
· Siswa membedakan bahasa surat resmi dan surat pribadi
· Siswa menulis surat resmi sesuai dengan konteks (apa keperluannya, siapa pembacanya)
· Membedakan ciri-ciri surat resmi dan surat pribadi
· Membedakan bahasa surat resmi dan surat pribadi
· Menulis surat resmi sesuai dengan konteks (apa keperluannya, siapa pembacanya)
Teknik
Non tes :
Perbuatan
Bentuk
- produk
Instrumen
· Lembar penilaian produk
8 Jp x 35 menit
· Contoh beberapa surat resmi dan surat pribadi































































Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok AW Januari Pebruari Maret April Mei Juni
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek 5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi/ radio Mendengarkan radio 9 Jp 14


18

21

5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan 25

28√
EVALUASI SK. 5. 3 Jp 1

6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato melaporkan isi buku, dan baca puisi 6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi dan sikap yang tepat. Pidato / Sambutan 9 Jp 4


8

11

6.2 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut Membahasa isi buku 6 Jp 15

18√
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat Membacakan puisi karya sendiri 6 Jp 22√
25

EVALUASI SK. 6. 3 Jp 1





Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok AW Januari Pebruari Maret April Mei Juni
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama 7.1. Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif Membaca Intensif 6 Jp 4
√ 8

7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama anak Drama anak 9 Jp 25

28√ 11


15

18

EVALUASI SK. 5. 3 Jp 1
√ 22

8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi 8.1. Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa Menyusun naskah pidato 9 Jp 25
√ 29
√ 1

8.2. Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju Menulis surat resmi 9 Jp 5

8
√ 12√


EVALUASI SK. 8 3 Jp 15√
REMED/ PENGAYAAN SMT 2 √
√ √

LATIHAN TKD PRA UAS/UASBN





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


No. RPP : BI.6.2 / KD. 5.1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Waktu : 9 JP (3 x Pertemuan)

Standar Kompetensi
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek

Kompetensi Dasar
5.1. Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televise / radio

Indikator :
· Menuliskan pokok-pokok isi berita ke dalam beberapa kalimat
· Menyimpulkan isi berita yang didengar
· Menanggapi isi berita yang didengar
· Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita

Tujuan Pembelajaran
· Dapat mencatat hal-hal penting mengenai isi berita ke dalam beberapa kalimat
· Menyimpulkan isi berita yang didengar berdasarkan catatan yang dibuat
· Menggunakan kalimat berita dan kalimat anjuran

Pertemuan Ke-1

Materi : Mendengarkan berita
Metode : Ceramah, Tanya jawab, resitasi / penugasan
Model : Ekplieit intraktion (pembelajaran langsung)
Sarana : Teks/cuplikan berita atau rekaman berita
Sumber : Sumber yang relevan dengan materi

LANGKAH – LANGKAH

Ø Pra KBM : Guru menyiapkan cuplikan berita yang akan dibacakan atau rekaman berita TV/ Radio

Ø Kegiatan Awal :
- Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran
- Menggali pemahaman siswa tentang pengertian berita dan sinonim kata berita.

Ø Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan cuplikan berita yang dibcakan guru atau mendengarkan rekaman berita radio / TV dan siswa mencatat pokok-pokok isi berita tersebut
- Siswa menuliskan pokok-pokok isi berita tersebut menjadi beberapa kalimat
- Membacakan kalimat-kalimat yang ditulis siswa secara bergiliran
- Mencatat kata-kata atau kalimat yang dianggap sulit
- Menyimpulkan isi berita yang didengar bersama-sama guru.
- Mengecek pemahaman siswa mengenai isi berita yang didengar dengan tanya jawab

Ø Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan tentang materi yang diajarkan
- Memberikan tugas kelompok No. 01-TMT/B.1.6/KD.5.1.




Penilaian
Teknik : - tes : tertulis (pada evaluasi No.01-EV/BI.6/SK.5
- Non tes : pengamatan, tugas
Bentuk : isian, penugasan
Instrumen : lembar soal, lembar penilaian tugas, lembar pengamatan


3. Hasil Tugas Kelompok

Simpenan,.. .. Januari 2010

Mengetahui, Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,



____________________ __________________


No.01-TMT/BI.6/KD. 5.1

LEMBAR TUGAS

Tugas Kelompok

1. Dengarlah sebuah acara berita di Televisi bersama teman sekelompokmu!
2. Tulis nama stasiun televisinya, nama acara, tanggal dan jam ditayangkannya!
3. Tuliskan berita apa saja yang muncul pada acara berita tersebut!
4. Tuliskan kata-kata yang tidak kamu pahami dari berita yang didengar, kemudian cari artinya!
5. Buatlah kesimpulan mengenai isi berita tersebut!
6. Apa tanggapan kelompokmu mengenai berita tersebut?


@ Selamat Bekerja @


LEMBAR PENILAIAN

KD. 5.1 Pertemuan ke-1

Teknik : Non tes : Pengamatan, tugas
Instrumen :
1. Pengamatan KBM sesi tanya jawab


No Nama Siswa Dimensi Rata-
rata
1 2 3






Keterangan
1. Ketepatan / kesesuaian jawaban
2. Frekwensi jawaban
3. Konsentrasi / kedisiplinan belajar




2. Lembar Penilaian Tugas


Kelompok Nama Anggota Dimensi RT
1 2 3 4






Keterangan
1. Kerjasama kelompok
2. Ketepatan waktu
3. Kerapihan
4. Kesesuaian dengan yang ditugaskan


Skala Rentang

Sangat baik (A) : 85 – 100
Baik (B) : 70 – 84
Cukup (C) : 55 – 69
Kurang (D) : 40 – 54
Sangat kurang (E) : 0 – 39








































Pertemuan Ke-2

Materi : Mendengarkan berita
Metode : Tanya jawab, Brain storiming/sumbang saran
Model : Skript Cooperative : Dimana siswa bekerja bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari.
Sarana : Teks hasil tugas kelompok atau isi pokok berita dan kesimpulan berita
Sumber : Hasil tugas siswa mengenai pokok-pokok isi berita kesimpulan isi berita yang didengar

LANGKAH – LANGKAH

Ø Kegiatan Awal
- Bertanya tentang pelaksanaan tugas yang diberikan pada pertemuan kesatu
- Memeriksa hasil tugas kelompok dan dilanjutkan dengan tanya jawab yang menjurus kepada materi
- Menjelaskan mekanisme pembelajaran yang akan dilaksanakan

Ø Kegiatan Pokok
- Menetapkan kolompok siswa untuk berpasangan, misalnya kelompok A berpasangan dengan kelompok C, B dengan D. (anggota kelompok berdasarkan pada tugas satu)
- Guru menetapkan kelompok pertama yang berperan sebagai pembicara dan kelompok yang berperan sebagai pendengar
- Guru menyuruh pembicara/ketua dari salah satu kelompok untuk membacakan pokok-pokok isi berita, kesimpulan dan tanggapan dari isi berita yang didengar. Sementara kelompok pendengar menyimak / mengoreksi / menambahkan ide-ide yang kurang lengkap.
- Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar sebagai pendengar (sebaliknya), lakukan seperti di atas.
- Menarik kesimpulan bersama-sama dengan guru dan siswa mencatatnya.

Ø Kegiatan akhir
- Umpan balik dari guru secara klasikal melalui tanya jawab.
- Memberikan tugas individu No. 02-TMTT/BI.6/KD 5.1

PENILAIAN
Hasil tugas individu membuat kliping.
Dimensi penilaian, nilai rata-rata dari :
· Kepatuhan (mengerjakan / tidak)
· Lama waktu menyelesaikan tugas
· Kesesuaian isi kliping dengan tugas




















No.02-TMTT/BI.6/KD. 5.1
LEMBAR TUGAS

Tugas Individu

- Carilah Majalah / Koran bekas!
- Buatlah kliping berita criminal maksimal 10 berita.

LEMBAR PENILAIAN

KD. 5.1 Pertemuan kedua

Tugas indvidu membuat kliping


No Nama Siswa Dimensi Nilai
1 2 3






Keterangan :
No. 1 Kepatuhan → Nilai : A = 80 – 100 = Mengerjakan sendiri tanpa bantuan
B = 60 – 79 = Mengerjakan sendiri dibantu orang lain
C = 40 – 59 = Mengerjakan oleh orang lain
D = 0 = Tidak mengerjakan

No. 2 Lama Waktu→ Nilai : A = 80 – 100 = -1 Minggu s.d. 1 Minggu
B = 60 – 79 = +1 Minggu s.d. 2 Minggu
C = 40 – 59 = +2 Minggu s.d. 3 Minggu
D = 0 – 39 = +3 Minggu s.d. 4 Minggu

No. 3 Kesesuaian → Nilai : A = 90 – 100 = Kesesuaian isi kliping dengan tugas
Max 8 – 10 berita
B = 80 – 89 = Kesesuaian isi kliping dengan tugas
Minimal 5 – 7 berita
C = 70 – 79 = kesesuaian kurang dari minimal
D = 60 – 69 = isi kliping tidak sesuai dengan tugas




















Pertemuan Ketiga

Materi : Kalimat berita dan kalimat anjuran
Metode : Ceramah, diskusi, drill
Model : Pembelajaran cooperative learning (CL) dengan teknik Jig Saw
Sarana : Kartu Pembelajaran
Sumber : Ringkasan materi atau buku yang relevan, Koran, dll.
(Tangkas Berbahasa Indonesia Kls 6, Rosda hal 43 – 44)

Ø Pra KBM
- Guru menyiapkan ringkasan materi atau mencari beberapa contoh tentang kalimat berita (Positif dan Negatif) dan contoh-contoh kalimat anjuran dari Koran, majalah atau buku-buku lain yang relevan

Ø Kegiatan Awal
- Siswa diminta membaca / menyimak ringkasan materi yang sudah dipersiap- kan tentang kalimat berita dan kalimat
- Guru menjelaskan materi yang akan dibahas dan aturan main kegiatan pembelajaran
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahaminya.

Ø Kegiatan Inti
- Membagi siswa ke dalam kelompok induk, yang terdiri dari 3 orang atau lebih (tergantung banyaknya siswa dalam satu kelas)
- Setiap siswa dalam kelompok induk diberi nomor urut (sesuai jumlah anggotanya)
- Siswa yang bernomor urut sama berkelompok membentuk kelompok ahli, misalnya :
Kelompok ahli A untuk siswa yang bernomor urut 1
Kelompok ahli B untuk siswa yang bernomor urut 2. Dan seterusnya.
- Guru membagi kartu pembelajaran pada masing-masing kelompok ahli (kartu berupa pertanyaan)
- Kelompok ahli berdiskusi untuk membahas permasalahan yang ada dalam kartu pembelajaran, dan setiap anggota memberikan pendapat dan mencatat hasil pembahasan
- Masing-masing anggota kelompok ahli kembali ke kelompok induk, kemudian melaporkan hasil diskusi pada rekannya
- Presentasi kelompok induk

Ø Kegitan Akhir
- Guru memberikan penguatan/penegasan tentang hasil diskusi
- Mengadakan Tanya jawab
- Menutup pembelajaran dengan memberikan informasi bahwa pertemuan yang akan dating siswa diminta membaca naskah drama “Cermin Penunjuk Sifat Buruk” Bahasa Indonesia membuatku cerdas Kelas VI hal 83 – 84. Pusat Perbukuan Depdiknas.

Penilaian
Pengamatan dalam diskusi. Dimensi yang dinilai rata-rata dari :
- Gairah belajar/responsip - Kerjasama
- Keaktifan - Hasil Kerja

Megetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,



_______________________ _____________
KARTU PEMBELAJARAN

Untuk Kelompok Ahli A

Lengkapi supaya menjadi kalimat anjuran!

1. Supaya diketahui perkembangan berat badannya, sebaiknya balita …..
2. Supaya cepat sembuh, sebaiknya yang sakit itu….
3. Supaya tidak dihinggapi lalat, sebaiknya makanan di meja makanan ….
4. Supaya udara bersih bisa masuk ruangan, sebaiknya jendela ….
5. Supaya tidak sakit perut, sebaiknya jajanlah….

Ubah kalimat berita positif di bawah ini menjadi kalimat berita negatif!

6. Anak-anak kelas VI akan melaksanakan kerja kelompok.
7. Yang kamu bawa itu tas kakak saya.
8. Kakak saya seorang pelajar SMP
9. Siapa saja boleh meminjam buku ini.
10. Setelah belajar boleh nonton TV.


KARTU PEMBELAJARAN

Untuk Kelompok Ahli B

Lengkapi supaya menjadi kalimat anjuran!

1. Supaya badan kita tetap bersih, sebaiknya kita....
2. Supaya tidak dijadikan sarang nyamuk, sebaiknya bak mandi....
3. Supaya tidak sakit gigi, sebaiknya ....
4. Supaya mata tidak cepat rusak, sebaiknya....
5. Supaya selokan tidak mampet, sebaikny ....

Ubah kalimat berita negaif di bawah ini menjadi kalimat berita positif!

6.
7.
8.
9.
10.



















RINGKASAN MATERI

MENDENGARKAN BERITA

· Dengar (kk)
Mendengarkan : Memperhatikan dengan sungguh-sungguh
Mendengar : Menangkap suara dengan telinga
Terdengar : Dapat didenga
Pendengaran : Indra untuk mendengar
· Berita (kb) / kabar / informasi / warta : laporan mengenai suatu peristiwa
Berita acara : Laporan mengenai suatu peristiwa atau perkara
Berita burung : Berita yang belum tentu kebenarannya
Berita keluarga : Berita yang isisnya perihal keluarga
Berita kriminal : Berita atau laporan tindakan kriminal
Pemberitaan : Pemberitahuan, penyebaran berita
Memberitakan : Mengabarkan, melaporkan.
· Hal-hal penting mengenai isi berita, meliputi :
(apa, siapa, mengapa, bagaimana, di mana, kapan)


· Kalimat anjura adalah kalimat yang berisi nasehat atau saran.
Contoh : * Supaya badan kita tetap bersih,
sebaiknya kita mandi sekurang-kurangnya 2 kali sehari.
* Supaya mata tidak cepat rusak,
Sebaiknya membaca di tempat terang.
· Kalimat berita adalah kalimat yang berisi informasi / laporan mengenai suatu peristiwa
Contoh : Tadi pagi sekitar jam 09.00 WIB. Pak Obled medapat musibah tertabrak sepeda motor saat menyebrang jalan. Tepatnya di Jalan Cigaru simpang tiga depan Toko Serasi. Menurut saksi mata, waktu beliau menyebrang tidak melihat kanan – kiri jalan. Mungkin beliau sedang melamun.

Keadaannya mengkhawatirkan, kaki kirinya patah dan pelipis sebelah kanan terluka. Warga segera membawa Pak Obled ke Puskesmas yang tidak jauh dari tempat kejadian.























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


No. RPP : BI.6.2 / KD. 5.2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Waktu : 6 JP (2 x Pertemuan)

Standar Kompetensi
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek

Kompetensi Dasar
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan

Indikator
· Menyimpulkan isi drama
· Mencatat / menulis isi drama pendek yang ditampilkan
· Melaporkan catatan tentang isi drama yang ditampilkan

Tujuan Pembelajaran
· Siswa mampu menceritakan kembali isi drama pendek dengan bahasa siswa sendiri baik secara lisan maupun tulisan
· Mampu mengumpulkan isi drama.

Pertemuan kesatu

Materi : Menyimak drama pendek
Metode : Sosiodrama, bermain peran, diskusi
Model : Role Playing
Sarana : Naskah drama pendek dan alat-alat pendukung
Sumber : Bahasa Indonesia membuatku cerdas, untuk Kelas VI, Pusat
Perbukuan Depdiknas, hal 83 – 84.

Skenario

Ø Pra KBM
Siswa diminta membaca naskah drama “ Cermin Penunjuk Sifat Buruk “ Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas, hal 83 – 84 pusat perbukuan Depdiknas.

Ø Kegiatan Awal
- Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran
- Guru membentuk kelompok siswa yang beranggotakan 5 orang

Ø Kegiatan Inti
- Siswa menelaah teks drama “Cermin Penunjuk Sifak Buruk”
- Siswa berdiskusi membagi tugas dalam kelompoknya untuk mementaskan drama tersebut
- Secara bergantian tiap kelompok mementaskan drama tersebut di depan kelas
- Setelah selesai dipentaskan siswa berdiskusi untuk mengerjakan / membahas lembar kerja
- Masing-masing kelompok membacakan hasil kerjanya pada diskusi kelas

Ø Kegiatan Alhir
- Guru memberikan kesimpulan secara umum
- Guru memberikan PR (Tugas Kelompok) No.03TMT/BI.6/KD 5.2




Penilaian
- Tes tertuli pada evaluasi No.01-EV/BI.6/SK 5.
- Non tes pengamatan pada KBM. Unsur-unsur penilaian rata-rata dari :
Keaktifan, kerjasama, ekspresi.

Simpenan, ...........

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,



________________ _______________


LEMBAR KERJA

Diskusikanlah bersama teman sekelompokmu!

1. Tuliskan nama-nama tokoh dalam naskah drama “Cermin Penunjuk Sifat Buruk”
2. Jelaskan bagaimana sifat tokoh-tokoh tersebut!
3. Tuliskan latar yang ada dalam naskah drama tersebut!
4. Jelaskan yang terkandung dari drama tersebut!
5. Buatlah kesimpulan dari isi drama tersebut!




LEMBAR TUGAS
No.03-TMT/BI.6/KD 5.2

Saksikan acara sinema asyik di TPI bersama-sama teman sekelompokmu! Kerjakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut :

1. Apa judul / tema ceritanya?
2. Sebutkan tokoh-tokohnya!
3. Bagaimana sifa (watak) tokoh-tokohnya?
4. Jelaskan latar (tempat dan waktu dalam cerita)!
5. Amanat apa yang terkandung dalam cerita tersebut?
6. Buatlah kesimpulan cerita!



















Pertemuan kedua

Materi : Memahami isi naskah drama
Metode : Bercerita, diskusi
Model : Artikulasi
Sarana : Naskah drama
Sumber : Buku / Koran / Majalah dan lainnya yang relevan.

Ø Pra KBM
Guru mencari naskah drama pendek pada buku-buku / koran / majalah dan lainnya.

Ø Kegiatan Awal
- Membagi siswa berpasangan secara heterogen
- Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran

Ø Kegiatan Inti
- Guru membacakan naskah drama hasi Pra KBM dan siswa diminta menyimaknya
- Guru meminta seorang dari pasangan untuk menceritakan kembali naskah drama yang didengar dengan bahasa sendiri, kemudian berganti peran, begitu juga kelompok lainnya
- Siswa berdiskusi dengan pasangannya tentang :
1. Unsur-unsur drama tersebut (tokoh dan wataknya, latar, tema,dan amanat)
2. Isi naskah drama tersebut
- Secara bergiliran / acak wakil dari pasangan menyampaikan hasil kerja pada diskusi kelas

Ø Kegiatan Akhir
- Kesimpulan bersama-sama dengan guru dan siswa menyempurnakan hasil kerja dengan pasangannya

Penilaian
Tes tulis pada evaluasi No.01-EV/BI.6/SK 5.


Simpenan,....................

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah




__________________ _____________














LEMBAR SOAL

EVALUASI NO 01-EV/BI.6/SK 5

Dengarkanlah naskah drama yang dibacakan oleh gurumu!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Tuliskan judul drama tersebut!
2. Sebutkat sifat setiap pelaku drama tersebut!
3. Tokoh siapa yang sifatnya tidak pantas dicontoh? Amanat (pesan atau nasihat) apa yang terkandung dalam cerita itu?
4. Buatlah pertanyaan untuk setiap jawaban dibawah ini!
a. Karena Anggi khawatir Anton akan berkelahi dengan Usup.
b. Anggi membeli kue bolu dari Usup.
c. Karena merasa Usup selalu mendahului.
5. Buatlah kesimpulan isi cerita tersebut

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang dianggap tepat!

6. Anggi : Baru saja Usup dari sini, contoh kalimat ....
7. Supaya Anton tidak bertengkar dengan Usup, sebaiknya Anggi ....
8. Pada soal no. 7 adalah contoh kalimat ....
9. Lapran mengenai suatu peristiwa atau perkara disebut ....
10. Berita yang belum tentu kebenarannya disebut berita ....


Dengarkan naskah drama berikut
(dibacakan oleh guru)

Anton : Anggi beli, ya? Ini kue boluku masih banyak.
Aggi : Wah, Anton. Maaf, ini kuenya. Aku baru saja beli kue bolu dari Usup.
Anton : Jadi, Usup baru dari sini, ya?
Anggi : Iya, baru saja.
Anton : Wah, harus kuhajar dia! Dia selalui mendahului aku (menaiki sepedanya
Dan buru-buru pergi)
Anggi : (heran) He, Ton. Tunggu! Kenapa kamu mau menghajar Usup. Jangan Ton!
Anton! Jangan!























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


No. RPP : BI.6.2 / KD. 6.1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Waktu : 9 JP (3 x Pertemuan)

Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi

Kompetensi Dasar
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat.

Indikator
· Menyebutkan momen atau peristiwa yang melatarbelakangi pidato
· Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat
· Menyusun naskah pidato
· Membacakan pidato degan lafal dan intonasi yang tepat

Tujuan Pembelajaran
· Siswa mampu menyusun naskah pidato berdasarkan peristiwa yang melatar- belakanginya
· Mampu membacakan pidato dengan lafal dan intonasi yang tepat

Pertemuan kesatu

Materi : Membuat kerangka pidato berdasarkan momen/peristiwa yang melatar-
Belakangi pidato tersebut
Metode : Ceramah, diskusi, drill
Model : Think pair and share
Sarana : Kerangka naskah pidato
Sumber : Buku yang relevan

Skenario

Ø Pra KBM
Guru mencari / membuat kerangka naskah pidato sambutan dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ø Kegiatan Awal
- Membagi siswa secara berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang)
- Guru membagikan fotocopy kerangka naskah pidato hasil pra KBM kepada tiap kelompok
- Memberi kesempatan kepada tiap-tiap kelompok untuk menelaah naskah pidato tersebut

Ø Kegiatan Inti
- Guru menyampaikan inti materi (tentang kerangka pidato dan peristiwa yang melatarbelakangi pidato)
- Setiap kelompok siswa diminta untuk berpikir membuat kerangka pidato dengan peristiwa yang melatarbelakangi pidato tersebut adalah “Perpisahan Kelas VI”
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
- Guru memberi kesimpulan

Ø Kegiatan Akhir
- Menutup pembelajaran dengan memberikan informasi kepada siswa bahwa “Berawak dari kegiatan tersebut (membuat kerangka pidato) pada pertemuan berikutnya mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat dan menyusunnya hingga jadi naskah pidato.

Penilaian

· Teknik : Non tes (perbuatan)
· Bentuk : Kinerja, produk
· Instrumen : Lembar penilaian kinerja, dan lembar penilaian produk

Simpenan, .....................

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,



_______________ ______________







































LEMBAR PENILAIAN

KD 6.1 Pertemuan kesatu

Teknik : Non tes (perbuatan)
Bentuk : Kinerja, Produk
Instrumen:
1. Lembar Penilaian Kinerja (Performance) dengan Skala Rentang


No Nama Siswa Dimensi Rata-rata
1 2 3






Keterangan :
1. Kerjasama Kelompok
2. Konsentrasi Belajar
3. Ketertiban dalam diskusi

2. Lembar Penilaian Produk


Kelompok Nama Anggota Dimensi Rata-rata
1 2 3





Keterangan :
1. Persiapan : Perencanaan dan pengembangan gagasan (dalam membuat
kerangka pidato)
2. Pembuatan : Kerapihan menulis
3. Hasil kerja : Kesesuaian dengan intruksi/tugas




Rentangan Nilai

Sangat Baik (A) = 85 – 100
Baik (B) = 70 – 84
Cukup (C) = 55 – 69
Kurang (D) = 40 – 54
Sangat Kurang (E) = 0 – 39












Kerangka Naskah Pidato Sambutan

Pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pembukaan : 1. Ucapan Salam
2. Ucapan Syukur kepada Tuhan
3. Ucapan terimakasih kepada hadirin

Isi : 1. Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu
2. Permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyelengga-
raan acara
3. Mengemukakan tujuan penyelenggaraan acara

Penutup : 1. Permohonan maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan
2. Ucapan Salam












































Pertemuan Kedua

Materi : Menyusun naskah pidato
Metode : Resitasi, drill
Model : Expicit intruction / pengajaran langsung
Sarana : Buku Paket (tentang kerangka pidato)
Sumber : Tangkas Berbahasa Indonesia Kelas VI hal 74, Remaja Rosdakarya
Bandung.

Langkah – Langkah

Ø Kegiatan Awal
- Membagikan buku paket
- Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran

Ø Kegiatan Inti
- Siswa diminta menelaah kalimat-kalimat yang terdapat dalam buku paket yang diintruksikan
- Siswa diminta berlatih untuk mengembangkan kerangka pidato yang terdapat dalam buku paket menjadi susunan naskah pidato
- Guru membimbing dan memberikan arahan bagi siswa yang merasa kesulitan

Ø Kegiatan Akhir
- Memeriksa hasil kerja siswa, dan mempersilahkan siswa untuk menyelesaikan nya di rumah. Bagi siswa yang belum selesai
- Informasi pertemuan yang akan datang yaitu membacakan teks pidato dan meminta siswa untuk membaca berulang-ulang atau menghafal naskah pidato yang dibuatnya.

Penilaian
Dilaksanakan pada pertemuan ketiga


Simpenan, ......................

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,




________________ ________________

















Peretemuan Ketiga

Materi : Membaca teks pidato
Metode : Demonstrasi
Model : Demonstration
Sarana : Lembar naskah pidato hasil kerja siswa pada pertemuan sebelumnya
Sumber : Naskah pidato

LANGKAH – LANGKAH

Ø Kegiatan Awal
- Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran
- Meminta siswa untuk menyiapkan naskah pidato yang telah dibuatnya

Ø Kegiatan Inti
- Guru menyampaikan gambaran sekilas tentang cara menyampaikan pidato
- Meminta salah seorang siswa membacakan naskah pidato yang dibuatnya denga lafal, intonasi, dinamika suara, dan ekspresi yang tepat, dengan bimbingan dan arahan guru
- Seluruh siswa memperhatikan / mengamati demonstrasi
- Selanjutnya guru meminta siswa secara bergiliran untuk membacakan naskah pidatonya.

Ø Kegiatan Akhir
- Guru membuat kesimpulan atau penugasan tentang cara-cara berpidato menggunakan naskah
- Memajangkan hasil kerja siswa (naskah pidato)

Penilaian

Teknik : - Non tes (Pengamatan)
- Tes tertulis pada evaluasi No 02-EV/BI.6/SK. 6
Bentuk : Unjuk kerja



Simpenan, ......................

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,





_________________ _________________













LEMBAR PENILAIAN

KD. 61 Pertemuan ketiga

Teknik : Non tes
Bentuk : Unjuk kerja
Instrumen : Lembar Pengamatan dalam Mendemonstrasikan Pidato


No Nama Siswa Dimensi RT
1 2 3 4





Keterangan :
1. Intonasi
2. Lafal
3. Penguasaan Naskah
4. Ekspresi / Sikap

Rentang Nilai

Sangat Baik (A) = 85 – 100
Baik (B) = 70 – 84
Cukup (C) = 55 – 69
Kurang (D) = 40 – 54
Sangat Kurang (E) = 0 – 39































RINGKASAN MATERI

Ø Pidato adalah :
· Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak.
· Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak

Ø Kerangka Pidato adalah :
Catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai dengan urutan yang dikehendaki

Ø Naskah pidato terdiri atas 3 bagian :
1. Pembukaan
Contoh kerangka : - salam atau sapaan pembuka
- pembuka pidato (ucap syukur)

2. Isi pidato
Contoh kerangka : - Tujuan acara
- Kesan
- Ucapan terimakasih dan permintaan maaf
- Harapan

3. Penutup
Contoh kerangka : - Kesimpulan
- Ucapan selamat tinggal

Ø Jenis-jenis pidato diantaranya:
- Pidato sambutan : pidato yang disampaikan pada awal sebuah acara
- Pidato kenegaraan : pidato yang disampaikan oleh presiden






























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


No. RPP : BI.6.2 / KD. 6.2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Waktu : 6 JP (2 x Pertemuan)

Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi

Kompetensi Dasar
Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman dan isi) dengan kalimat yang runtut

Indikator
· Membahas isi buku
· Mencatat pokok-pokok dari isi buku
· Melaporkan isi buku dengan bahasa yang runtut dan komunikatif

Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat mengetahui bagian-bagian identitas buku (judul, pengarang, penerbit, jumlah halaman)
· Siswa dapat mendaftar pokok-pokok isi buku
· Siswa dapat melaporkan isi buku dengan kalimat yang runtut

Pertemuan kesatu

Materi : Membahas isi buku
Metode : Diskusi
Model : kooperatif terpadu membaca dan menulis
(coopeterative integrated reading and composition/circ)
Sarana : Buku yang berjudul sama (sejumlah kelompok)
Sumber : Perpustakaan

LANGKAH – LANGKAH

Ø Kegiatan Awal
- Informasi tentang kegiatan pembelajaran
- Membagi siswa dalam kelompok (minimal 4 orang)
- Meminta kelompok siswa untuk mencari sebuah buku yang diinstruksikan guru

Ø Kegiatan Inti
- Tiap kelompok siswa membaca buku (yang diinstruksikan) dibimbint tutor sebaya
- Siswa berdiskusi untuk mengerjakan lembar kerja (bekerja sama menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap isi buku yang dibaca)
- Tiap kelompok siswa bergantian membacakan hasil kerjanya, sebagai laporan dan kelompok lain menanggapinya.
- Membahas laporan kelompok pada saat diskusi kelas
- Siswa menyempurnakan hasil kerja kelompok

Ø Kegiatan Akhir
- Guru memberi penegasan tentang materi yang telah disampaikan
- Umpan balik dari guru secara klasikal dengan tanya jawab.




Penilaian

Teknik : Non tes = Perbuatan/unjuk kerja (performance) dalam diskusi
Bentuk : Kinerja
Instrumen : Lembar penilaian kinerja dengan daftar cek.


Simpenan, .....................

Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah,




______________ _______________



Lembar Kerja Siswa
(Kerja Kelompok)

Buatlah laporan mengenai isi buku yang kalian baca !

Judul : ....................................................................................................
Penulis : ....................................................................................................
Penerbit : ....................................................................................................
Jumlah Halaman : ....................................................................................................
Isi buku : ....................................................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kesimpulan : ................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






LEMBAR PENILAIAN

KD. 6.2. Pertemuan kesatu


Pengamatan unjuk kerja pada diskusi kelompok dengan daftar ceklis

Nama Kelompok :
Anggota : 1. ............................
2. ............................
3. ............................
4. ............................


Kemampuan yang dinilai Ketepatan Jawaban
Ya Tidak Kurang Tepat
1. Mampu menyebutkan identitas buku
a. Nama Judul
b. Nama Penulis
c. Nama Penerbit
d. Jumlah Halaman
2. Mampu mencatat pokok-pokok isi buku
3. Kesimpulan isi buku


Nilai : No. 1 100 = @ 25 (ya) @ 15 (kurang tepat)
4

No. 2 100 (ya), 60 (kurang tepat)

No. 3 100 (ya), 60 (kurang tepat)


Nilai akhir = Jumlah (nilai 1 + 2 + 3 / ya + kurang tepat)
3























Pertemuan kedua

Materi : Melaporkan isi buku
Metode : Resitasi dan drill

Tugas
1. Carilah sebuah buku yang menurutmu menarik untuk dibaca!
2. Bacalah buku tersebut!
3. Buatlah laporan mengenai isi buku tersebut!
4. Bacalah laporan tersebut di depan teman-temanmu!
5. Mintalah tanggapan dari teman-temanmu!
















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


No. RPP : BI.6.2 / KD. 6.3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Waktu : 6 JP (2 x Pertemuan)

Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi

Kompetensi Dasar
Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat.

Indikator
· Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimic, dan penghayatan yang wajar.
· Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa / cerita sederhana
· Menjelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam puisi.

Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat membaca puisi karya sendiri dengan lafal / intonasi yang tepat dan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa / cerita sederhana

Pertemuan kesatu

Materi : Membacakan puisi
Metode : Demonstrasi, diskusi
Model : Demontration
Sarana : Puisi “DESAKU” dan puisi hasil pra KBM
Sumber : TAngkas Berbahasa Indonesia Kelas VI hal 5, dan buku yang relevan
majalah, Koran, dan lain-lain.

Skenario

Ø Pra KBM
Siswa dan guru mengumpulkan guntingan puisi dari koran, majalah dan lainnya atau siswa sendiri menciptakannya

Ø Kegiatan Awal
· Informasi dan pengarahan tentang kegiatan pembelajaran
· Memeriksa hasil pra KBM dilanjutkan dengan tanya jawab yang menjurus kepada materi.

Ø Kegiatan Inti
· Siswa mendengarkan contoh pembacaan puisi yang benar hasil Pra KBM guru, dan guru memberikan penjelasan-penjelasan.
· Salah seorang siswa membacakan puisi hasil Pra KBM di depan kelas. (ditawarkan kepada siswa atau ditunjuk langsung)
· Siswa berdikusi cara membacakan puisi “DESAKU” secara berulang-ulang di bawah bimbingan cutor sebaya.
· Perwakilan kelompok membacakan puisi “Desaku” secara giliran dan guru memberikan bimbingan / pengarahan
· Tiap kelompok siswa berdiskusi menyusun sebuah puisi
· Siswa yang ditunjuk dari tiap-tiap kelompok untuk membacakan puisi hasil kerja kelompoknya


Ø Kegiatan Akhir/Penutup
· Memberikan tugas individu untuk membuat puisi
· Menutup pembelajaran, sebelumnya menyajikan lagu “Desaku” ciptaan L. Manik.

Penilaian

Teknik :
- Non tes : Perbuatan, penugasan
- Bentuk : Kinerja, tugas individu


Mengetahui Guru Kelas VI
Kepala Sekolah




________________ ________________

No. 04-TMT/BI.6/KD. 6.3
LEMBAR TUGAS

Tugas Individu

1. Buatlah puisi dengan judul “Bunda”!
2. Jelaskan pesan apa yang terkandung dalam puisi itu!
































LEMBAR PENILAIAN
KD. 6.3 Pertemuan Kesatu

Teknik : Non Tes (Perbuatan)
Bentuk : Kinerja
Instrumen : Lembar penilaian kinerja dengan skala rentang



No Nama 1 2 3 N




Keterangan :
1. Intonasi (Pengucapan / Tekanan Kata)
2. Ekspresi (Pengungkapan suatu maksud / penjiawan / penghayatan)
3. Mimik (Peniruan dengan gerak badan dan raut muka)

Teknik : Non tes (Penugasan)
Bentuk : Tugas individu membuat puisi dengan judul “Bunda”
Instrumen : Lembar penilaian tugas membuat puisi


No Nama 1 2 3 N




Keterangan :
1. Kesesuaian isi dengan judul
2. Cra penulisan
3. Penjelasan pesan




























RINGKASAN MATERI

Menurut bentuknya puisi ialah karangan dalam bentuk terikat, yaitu terikat oleh :
a. Banyaknya baris (bait-bait)
b. Banyaknya suku kata dalam tiap bairis (yang menentukan irama)
c. Sajak


DESAKU

Desaku,
desa tempat kelahiranku
Betapa aku membanggakan mu
Namun,
karena tugas ayahku
terpaksa aku meninggalkanmu

Kini
aku datang kembali
di desa yang kucintai
tuk melepas kerinduan
yang selama ini ku simpan

Desaku,
selama seminggu
aku bercengkrama denganmu
ku hirup udara segarmu
ku pandangi keindahanmu
ku dengar kicauan burungmu
ku santap hidangan lezatmu

Desaku,
betapa berat rasa hatiku
harus berpisah denganmu
namun, apa mau dikata
ayahku telah tiba

Aku harus segera kembali
Bangku sekolah sudah menanti
Saat liburan nanti
semoga kita berjumpa lagi


















Pertemuan kedua

Materi : Mengubah puisi kebentuk prosa / cerita sederhana
Metode :
Model : Examples non examples
Sarana : Karton peraga bertuliskan puisi, gambar-gambar berkaitan dengan puisi
Sumber : Puisi yang berjudul “Doa Seorang Tukang Ojeg”

Langkah – Langkah

Ø Pra KBM
· Guru mencari / membuat puisi dan mencari / membuat gambar yang berkaitan dengan puisi itu.

Ø Kegiatan Awal
· Informasi dan pengarahan tentang KBM
· Menempelkan alat peraga / karton yang bertuliskan puisi yang berjudul “Doa Seorang Tukang Ojeg” dan gambar-gambar yang berkaitan dengan judul puisi tersebut.
· Membagi siswa ke dalam kelompok

Ø Kegiatan Inti
· Siswa mengamati / menelaah gambar-gambar dan puisi di karton peraga
· Melalui diskusi kelompok siswa diminta untuk mencatat hasil analisa kelompoknya tentang gambar-gambar tersebut dikaitkan dengan puisi.
· Tiap kelompok diberikan kesempatan membacakan hasil diskusinya.
· Mulai dari hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan mengubah puisi kebentuk prosa (cerita sederhana)

Ø Kegiatan Akhir
· Memberikan penugasan tentang materi
· Umpan balik dengan tes tertulis

Penilaian

Teknik : -Tes : tertulis
-Nontes : Penugasan

Bentuk : -Essay
-Tugas individu mengubah puisi kebentuk puisi


















Catatan : Sarana / peraga ditulis dikarton

A. Puisi

DOA SEORANG TUKANG OJEG


Tuhanku,
Yang Maha Kuasa
Yang Maha Pemurah
Yang Maha Penyayang
Kabulkanlah doaku ini

Aku mohon pada-Mu ya Tuhan
Berikanlah rahmat perlindungan-Mu kepadaku
agar besok aku selamat di perjalanan
dan mendapat penumpang yang banyak
supaya kebutuhan hidup keluargaku terpenuhi

Aamiin....


B. Gambar-gambar diperlukan yang ada kaitannya dengan puisi di atas. Contohnya:

- Tanda-tanda orang yang dekat dengan Tuhan (gambar orang berdoa)
- Gambar polisi sedang razia
- Kelebihan alat angkut ojeg (gambar gang)



LEMBAR TUGAS
No. 05 TMT/BI. 6.3

Tugas Individu (Pekerjaan Rumah)

Ubahlah puisi berikut kebentuk prosa (cerita sederhana)

LEMBAR PENILAIAN
KD 6.3 Petermuan kedua

Teknik : Tes (tertulis)
Bentuk : Essay
Instrumen : Jelaskan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apa isi doa dalam puisi “Doa Seorang Tukang Ojeg” ?
2. Kepada siapakah tukang ojeg memohon?
3. Sebutkan sifat-sifat Tuhan !
4. Menurut puisi itu, hidup tukang ojeg itu susah atau enak?
Tuliskan baris yang cocok dengan jawaban tersebut!
5. Ubah puisi tersebut kebentuk prosa dengan bahasamu sendiri.


Skor nilai : 1 = max 10
2 = max 10
3 = max 20
4 = max 20
5 = max 40
100

LEMBAR SOAL EVALUASI

EVALUASI NO. 02-EV/BI.6/SK.6

Berilah tanda silang pada a, b, c, atau d yang dianggap benar!

1. Kalimat yang diucapkan pada akhir dalam sebuah pidato adalah ....
a. ucapan terimakasih
b. menyampaikan maksud penyelenggaraan acara
c. permohonan maaf jika ada kata yang kurang berkenan
d. permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan

2. Berikut adalah isi pidato, kecuali ....
a. Tujuan acara
b. Kesan / Harapan
c. Ucapan terimakasih dan permintaan maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan
d. Ucapan syukur

3. Pidato yang disampaikan oleh Presiden termasuk jenis pidato ....
a. sambutan c. ulang tahun
b. kenegaraan d. peresmian

4. Naskah pidato terdiri atas 3 bagian, kecuali ....
a. Pembukaan c. ucapan selamat tinggal
b. Isi pidato d. penutup

5. “Saya mohon jika ada kata yang kurang berkenan dihati”. Kalimat tersebut yang diucapkan pada bagian ... pidato.
a. pembukaan c. penutup
b. isi pidato d. maksud

6. “Demikianlah sambutan kami, kami berharap semoga acara ini tidak memisahkan kita, tetapi dapat membuat kita terus bersahabat dan berkomunikasi”. Penutup sambutan tersebut tepat diucapkan pada acara ....
a. Pentas seni c. perpisahan
b. Hari Ulang Tahun d. Perkenalan

7. Kalimat berikut yang cocok untuk sebuah isi pidato dalam acara pemilihan Ketua Murid (KM)
a. Kamu, kamu, dan kamu mau memilih aku, kan?
b. Teman, teman pilih aku, Jono. Teman-teman pasti setuju.
c. Hai, teman-teman ! Apakah kalian siap memilih aku?
Jika saya terpilih, setiap liburan semester, saya akan mengajak teman-teman berkemah.
d. Teman-teman harus memilih aku, aku pasti menang. Jangan salahkan aku, bila anda tidak memilih aku.

8. “Pada kesempatan ini saya selaku ketua panitia penyelenggaraan acara pemilihan Ketua Murid Kelas VI, mengucapkan terimakasih kepada Bapak Guru/ Wali Kelas VI, yang telah..........”
Penggalan pidato tersebut termasuk bagian ....
a. salam c. isi
b. pembuka d. penutup

9. Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak, adalah definisi dari ....
a. berita c. drama
b. pidato d. penutup
10. Catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai urutan yang dikehendaki adalah ....
a. isi pidato c. naskah pidato
b. kerangka pidato d. tujuan pidato

Puisi Karya : Hidan Rizky Amalia

KEBAHAGIAAN

Betapa hatiku sangan bahagia
melihat keluarga ini
kembali berkumpul
bersama
Tawa dan canda muncul
kembali
senyumku pun mengembang
kala melihat keluargaku
yang begitu harmonis
Ya, Tuhan
semoga saat-saat seperti ini
tidak akan pernah hilang lagi

11. Puisi di atas mengungkapkan kebahagiaan, karena ....
a. senyumku mengembang c. melihat keluarga kumpul kembali
b. melihat kelurga yang harmonis d. saat seperti ini tidak pernah hilang

12. Baris dalam puisi di atas mengungkapkan perasaan kebahagiaan aku adalah ....
a. tawa dan canda muncul kembali
b. senyumku pun mengembang
c. kala melihat keluargaku
d. keluargaku yang harmonis

13. Ya Tuhan, semoga saat-saat seperti ini tidak pernah hilang lagi, unkapan ....
a. kalimat saran c. kalimat perasaan bahagia
b. kalimat doa d. kalimat perasaan kecawa

14. Amanat yang terkandung dalam puisi di atas adalah ....
a. kebahagian berkumpul
b. perpisahan adalah hal yang membahagiakan
c. keluarga yang harmonis membuat semua anggota keluarga bahagia
d. saat-saat seperti ini tidak akan pernah hilang lagi

15. Judul puisi di atas adalah ....
a. kebahagian c. berkumpul dengan keluarga
b. keluarga harmonis d. senyuman kebahagian


Kunci jawaban
1. C 6. C 11. C
2. D 7. C 12. B
3. D 8. B 13. B
4. C 9. B 14. C
5. C 10. B 15. A


Skor : 15 x 100
15

0 komentar: