JERIH PAYAHKU DIBAYAR 13 %

00.12 Posted In Edit This 0 Comments »
Karya : Acep
Guru Kelas III SDN Cihaur

Ketika hari mendung suasana pagi tak secerah hari kemarin, kutetap semangat pergi ke sekolah dengan membawa setumpuk diktat dan catatan-catatan kecil sebagai bahan untuk kegiatan belajar dan mengajar yang telah kupersiapkan sampai larut malam. Ilmu Pengetahuan Alam adalah materinya.

Ketika sampai di sekolah, anak-anak terlihat riang bermain saling bertutur sapa sesama temannya. aku tesenyum mengenang waktu kecil.

Kumulai masuk kelas ketika jam pelajaran tiba. Kuucapkan salam sebagai pembuka. Siswa-siswi mulai terduduk rapi di bangkunya masing-masing. tidak ada bangku kosong hari itu, mereka terlihat bersemangat untuk menerima materi pelajaran. Mereka berdoa sebelum belajar. Ku berikan beberapa pertanyaan apresiasi pembelajaran dengan contoh dan gambar tetang berbagai Makhluk tidak Hidup.

Kumulai memberi materi tentang "Macam-macam Benda" dengan Kompetensi Dasar 'perbedaan benda padat dan benda cair' ku mulai menerangkan satu persatu pengertian benda padat dan benda cair dengan diselingi beberapa pertanyaan untuk meyakini konsentrasi anak pada pelajaran, ketika ada jawaban anak yang tepat ku tulis di papan tulis, terus kupaparkan pengertian dan perbedaan dua sifat benda tersebut, sampai kurasa para siswa mengerti dan memahami.

papan tulispun sudah penuh dengan tulisan materi pelajaran catatan anakpun demikian. kusuruh anak untuk membaca dan memahami hasil catatannya. setelah 15 menit kusuruh mereka mengumpulkan hasil catatannya, dan kubagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan jumlah 5 soal. setelah 20 menit berlalu siswa-siswa mengumpulkan hasil jawabannya. ku periksa dengan teliti, ternyata hanya 5 siswa dari 40 siswa yang menjawab dengan tepat.

Kenapa cuma 13% yang bisa mengikuti pelajaran dengan baik??????

0 komentar: